Rabu, 10 Juli 2013

10 Bentuk Mobil Masa Depan

Saat ini mobil bukan lah hanya sebagai pelengkap tambahan bagi manusia, akan tetapi mobil sudah merupakan alat transportasi yang benar-benar sangat vital. Terlihat dalam perkembangan kendaraan saat ini yang semakin berkembang pesat dikalangan masyarakat menengah. Bila jaman dhulu mobil adalah barang mewah dan hanya orang-orang tertentu yang memilikinya, namun sekarang ini mobil ini sudah menjadi hal yang biasa bagi manusia dengan tingkat perekonomian menengah kebawah. Karena kebutuhan mobil saat ini kian meningkat dengan pesat, membuat para pabrikan mobil-mobil raksasa dunia semakin gencar membuat produk-produk mereka yang baru. Berbagai penampilan menarik di tempelkan dan di lengkapi dalam mobil tersebut. Seperti dalam artikel saya kali ini, perusahaan-perusahaan pabrik mobil sudah membuat dan merancang berbagai macam bentuk mobil mereka untuk di jadikan mobil masa depan. Ingin tau seperti apa bentuknya? silahkan simak artikel saya berikut dibawah ini. 


1. General Motors SAIC YeZ

Produsen otomotif asal Amerika General Motors bekerjasama dengan perwakilan Cina yaitu SAIC, untuk membuat konsep mobil masa depan, yang memiliki nol emisi dan mampu menghasilkan oksigen. Mobil dengan sebutan YeZ ini memiliki atap panel surya yang mampu menyerap karbon dioksida dari udara di sekitarnya. Kemudian merubahnya menjadi oksigen melalui proses konversi fotoelektrik. Oksigen tersebut akan keluar melalui turbin kecil yang ada di roda mobil. Mobil konsep pertama yang mampu membuat oksigen ini bertenaga listrik yang disimpan di dalam batterai.

2. Mobil BMW Berteknologi Self-Driving

Siapa yang membutuhkan supir jika mobil kita dapat melaju dengan sendirinya? produsen mobil asal Jerman, BMW kini sedang mengembangkan teknologi mobil yang mampu berjalan tanpa dikendarai oleh seorang supir. Melainkan dengan menggunakan array sensor, radar, scanner, dan ultrasonik. Agar mobil ini dapat melakukan tugasnya dengan baik, perlu juga pemetaan rute jalanan yang bagus serta pengembangan teknologi keamanan seperti airbag. Jika kendaraan ini telah sempurna dan diproduksi massal, maka tak akan ada lagi polisi yang menilang lalu mengambil SIM.

3. Mobil Konsep Amphi-X

Beichen Nan telah merancang konsep mobil amfibi yang mampu berjalan di darat dan juga di dalam air. Mobil yang disebut Amphi-X rencananya akan diperuntukan di Dubai pada tahun 2030. Bentuk mobil ini dibuat dengan menggabungkan penampilan dari perahu dan mobil, sehingga terlihat sangat futuristik. Mengingat kemacetan yang semakin meningkat di darat, dengan mobil ini mungkin bisa menjadi pilihan lain untuk berkendara melalui jalur air.

4. Mobil Konsep MAG Bertenaga Magnet

Permasalahan mengenai bahan bakar telah mendorong Matus Prochaczka untuk membuat terobosan mengenai kendaraan yang berjalan dengan kekuatan magnet. Kendaraan beroda tiga dengan dua tempat duduk hasil pemikiran Matus, telah mendapatkan penghargaan di ajang Interior Motives Design Award pada tahun 2007. Terobosan ini merupakan sebuah langkah yang baik tetapi diperlukan biaya yang besar untuk mewujudkannya. Sebab diperlukan membuat jalur magnet yang ditanam di setiap jalanan.

5. Bentley SenseS

Bekerjasama dengan peneliti genetik, AI dan bioteknologi, produsen otomotif asal Inggris, Bentley telah melahirkan mobil konsep yang sangat unik. Mereka membuat mobil berteknologi futuristik yang dapat berintegrasi dengan pemiliknya. Jadi, mobil ini akan belajar untuk tumbuh bersama dengan pemiliknya agar dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan si empunya. Tentunya dengan cara mendeteksi perasaan dan emosi pemiliknya. Melihat fitur-fitur semacam ini, rasanya butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Namun mobil ini sangat menarik untuk dijadikan kendaraan masa depan.

6. Mobil Konsep Mercedes Benz BIOME

Mobil konsep buatan Mercedes Benz memiliki desain menarik dengan teknologi futuristik. Mobil seberat 394 kg ini terdiri dari body, chasis, tengki bahan bakar yang terbuat dari bahan yang disebut BioFibre. Bahan organik ini tumbuh setelah ditanam dengan menggunakan Bionecta--sebuah zat kaya gizi yang ditanam di sebuah pohon. Bisa dikatakan bahwa bodi mobil ini tumbuh dari benih yang ditanam dan menjadi sebuah bodi seutuhnya hanya dalam waktu sehari. BioFibre merupakan bahan yang lebih kuat dari baja dan juga lebih ringan dari logam. Bahan ini juga mampu memurnikan udara di sekitarnya. Sepertinya dibutuhkan waktu yang lama untuk memproduksi mobil tersebut.

7. Mobil Konsep Peugeot Metromorph

Peugeot Metromorph seperti sebuah balkon yang berubah menjadi mobil. Ide yang terkandung di dalam mobil ini menjadi sebuah terobosan yang fantastis. Anda tak perlu lagi mencari lahan parkir yang semakin sedikit. Mobil ini bisa diletakkan di depan jendela kamar ataupun digantungkan di tembok kantor. Tetapi untuk mewujudkannya harus menunggu waktu yang cukup lama.

8. Toyota Fun Vii

Mobil buatan Jepang ini pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun 2011. Toyota Fun Vii memiliki fitur layar sentuh di bagian bodi luarnya. Anda dapat menunjukkan gambar-gambar favorit anda ataupun pesan teks kepada orang-orang dijalanan melalui layar di body mobil. Selain itu, Toyota Fun Vii dapat berkomunikasi dengan pengguna jalan di sekitarnya melalui fitur informasi navigasi. "Smartphone Berjalan" ini cukup unik dan sistem navigasi keamanannya yang cerdas dapat mengurangi kecelakaan di jalan.

9. Mobil Konsep Scarab

Mobil Scarab terdiri dari bagian modular yang dapat disesuaikan untuk merubah bentuk mobil. Dengan kata lain kita bisa memperkecil bentuk mobil ini. Dirancang oleh David Moreira Goncalves Miguel, mobil bertenaga baterai ini tersedia dengan tiga pilihan, yaitu baterai, fuel cell, atau biofuel. Ada juga fitur lainnya seperti GPS, LiDAR, sensor-sensor cerdas, Transponders, dan mode mengemudi ganda yang membuat semakin aman dalam berkendara.

10. Rinspeed iChange

Perusahaan otomotif asal Swiss, Rinspeed telah membuat mobil konsep masa depan yang bernama Rinspeed iChange. Mobil satu seater ini dapat berubah menjadi 3 tempat duduk dalam hitungan detik. Mobil bertenaga baterai ini dapat dikendalikan dengan menggunakan iPhones. Kecepatan maksimalnya dapat mencapai 219 km/jam.


itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar