Sebelum Martonggo Raja atau
Marria Raja pihak paranak dan pihak parboru terlebih dahulu datang ke Gereja
lao patumpolhon atau mencatatkan rencana pemberkatan nikah kedua calon
penganten , namun dibeberapa gereja tidak ada martumpol jadi karena ini
menyangkut kepercayaan tidak diuraikan dalam tulisan ini.
Tetapi kalau gereja
mengadakan partumpolon maka setelah selesai partumpolon , salah seorang yang
mewakili paranak dan parboru mengucapakan terimakasih kepada majelis dan jemaat
serta dongan tubu , dohot boru atas kehadirannya pada saat partumpulon itu.
Kesempatan ini juga
digunakan untuk mengundang dongan tubu dan boru serta dongan sahuta setelah
selesai acara dari Gereja akan diadakan martonggo raja atau marria raja dirumah
hasuhuton atau tempat yang disediakan untuk itu , untuk membicarakan segala
persiapan yang diperlukan dan mengatur serta bembagi tugas dan undangan pada hari dan tanggal pesta yang sudah
ditetapkan.
Martonggo Raja dan Marria
Raja sesungguh nya fungsinya sama saja karena pokus pembica
raan sama saja , tetapi
karena sudah mendarah daging dibeberapa
luat ungkapan martonggo raja atau marria raja
tidak sama namun tujuannya sama hanya pelaksanaannya yang berbeda , itu sebabnya Raja parhata selalu mengatakan
sidapot solup do naro.
Menurut adat di Toba :
Martonggo Raja dilakukan
kalau hendak melakukan horja atau Pesta adat yang besar umpamanya memotong
kerbau, tetapi kalau ulaon nametmet
hanya memotong sapi atau
namarmiak-miak cikup dengan marria raja .
Martonggo Raja sudah
dihadiri hula-hula , sedang Marria Raja
hanya dihadiri dongan
tubu dongan sahuta saja
tidak dihadiri hula-hula.
Biasanya selesai martonggo
Raja ada marbagi parjambaran dan digorahon tetapi kalau Marria Raja tidak ada
marbagi parjambaran kalaupun ada tidak digorahon.
Menurut Humbang dan
Silindung.
Kalau seorang diantara
dongan tubu hendak mangulahon sada ulaon adat apakah itu memotong kerbau, sapi
atau namarmiak-miak
harus terlebih dahulu diadakan Martonggo
Raja , dan saat martonggo raja inilah suhut
sihabolonan mengutarakan niat dan maksud tuju-annya,kemudian dipertimbangkan
dan diputuskan dongan tubu dan boru serta dongan sahuta.
Perbedaan martonggo raja dan
marria raja ini dapat kita lihat pada saat acara perkawinan.
Apabila satu keluarga hendak mengawinkan anak laki-laki sebelum
diadakan pesta terlebih dahulu martonggo raja , demikian juga dengan
pihak parboru kalau hendak mengawinkan anak perempuannya lebih dahulu
mengadakan marria raja .
Jadi kalau dikatakan Marria
Raja berarti pihak parboru dan kalau dikatakan Martonggo Raja menunjukkan yang
marulaon itu pihak paranak.
Apa yang dibicarakan pada
saat martonggo raja dan marria raja sesungguhnya sama saja yaitu membagi tugas
kepada dongan tubu , boru dan bere serta dongan sahuta ,
Di Jabotabek pada saat
martonggo raja ada papungu tumpak sian keluarga nasolhot , tetapi adakalanya
suhut mengatakan digedong saja sekalian.
Pada saat Marria Raja , biasanya dikumpulkan siuk , maksutnya agar dongan tubu
dan boru sisada dengke dohot hasuhuton,
berarti suhut yang memasak
dekke siuk dari dongan tubu.
Proses pelaksanaan Martonggo Raja dan Marria
raja di Jabotabek :
Setelah semua undangan hadir
, pertama kali yang membawakan acara martonggo raja atau marria raja ialah paidua
ni hasuhuton .
Paidua ni hasuhuton
Jadi songonima dihamu
hasuhuton nami, manghilap sian nadao, manggora sian na jonok gokkon sipaimaon
jou-jou sialusan , nungnga sahat hami tu bagas namarampang namarjualon hundul
diamak tiar sai tiarma tutu las niroha dihita saluhutna , antong namanungkun
mahami nuaeng tuhamu hasuhuton nami aha do lapatan ni gakkon dohot jau-jou ni
Rajai.
Apala Suhut sihabolonan
Imada Raja nami , parjolo
hudok hami mauliate diria ni roha muna mangoloi gokkon dohot jou jou nami i, ia
lapatan ni gongkon dohot jaou-jou i raja nami , songon hata ni natua tua na
mandok , ndang tartuhuk salak pandingding an, molo adong antong ulaon diiba ba
pasahton ma tu dongan tubu, boru dohot dongan sahuta jadi napashat ulaon ido
hami tu hamu raja nami asa
hamu ma na mangatur songon dia parunena
diulaon na naeng ulahononta dipesta unjuk di ari nanaeng ro.
Jadi Raja nami na martonggo raja / marria raja do ulaonta
ditingkion botima.
Paidua ni hasuhuton.
Mauliate ma dihamu hasuhuton
nami na martonggo raja / marria raja ma hape lapatan ni gokkon dohot jou-jou
muna i , antong ala na manonggo angka raja do hape hamu ditingkion ba songon
adatna pasahat hamu ma jolo tudu-tudu ni sipanganon tu joloon.
Kemudian suhut bolonan
membawa tudu-tudu nisipanganon, selanjutnya
paidua ni hasuhuton melemparkan pertanyaan kepada semua yang hadir saat
itu .
Paidua ni hasuhuton
Dihamu dongan tubu nami ,
boru dohot bere nami , songon i nang dihamu Raja ni dongan sahuta nami, dison
nungnga diadophon hasuhuton tuhita tudu-tudu nisipanganon,
Tudia bahenonta adop ni
tudu-tudu nisi-panganon on.
Sahalak sian na hadiri
mangalusi .
Mauliate ma dihamu paidua
nisuhut nami,
anggo menurut pandapot nami siala na Martonggo
Raja / Marria Raja do hita apala ditingki on, anggo ninina rohangku na rap
mangadopi do hita ditudu-tudu ni sipanganon i, ala ni i , dihaliangkon ma
tudu-tudu nisipanga-non i songon tanda naung rap mangadopi hita, botima.
Oleh karena semua setuju dan
selanjutnya acara makan dan setelah selesai makan dilanjutkan pembicaraan .
Paidua ni hasuhuton
Jadi songon ima da dihamu
hasuhuton nami nungnga bosur hami mangan indahan nalas i sagat marlompan juhut
nataboi, antong diama lakkat na dia unokna diama hatana dia nidokna, patorang hamu ma jolo asa
boi hupartimbangkon hami molo sitimbangan , jala asa boi hu ulahon hami molo
siulaon do, botima.
Oleh suhut sihabolonan
dijelaskanlah semua rencana perkawinan anaknya sesuai pembicaraan pada saat
marhusip, oleh karena
pada saat marhusip baru
sebatas rencana , maka sekarang pada saat martonggo raja / marria raja adalah
untuk menentukan siapa pelaksana
pelaksana rencana itu. .
Jadi sesungguhnya Martonggo
Raja dan Marria Raja termasuk kunci
kesuksesan disada ulaon Batak.
Karena pada saat Martonggo
Raja dan Marria Raja inilah dibagi tugas kepada dongan tubu, boru , bere dan
dongan sahuta bahkan penyebaran undangan.
Yang dibicarakan antara lain
:
1. Siapa yang duduk didepan
mandongani hasuhuton bolon
2. Siapa sijalo bara/pamarai
3. Siapa simolohon /
simanggokkon
4. Siapa pariban atau
sihuntiampang
5. Siapa-siapa yang menerima
panandaon
6. Siapa-siapa yang mangampehon
dan menerima ulos herbang
7. Siapa parhata pada saat marsibuha-buhai
8. Siapa yang bertugas
mengucapkan terimakasih di Gereja
9. Siapa koordinator /
Anggota penerima tamu digedong dari
dongan tubu dan dari boru
10
Siapa yang bertanggung jawab hepeng
ulak ni tandok dohot dengke siuk
10.
Siapa yang menjadi Raja Parhata dan
Protokol
dimata ni ulaon i.
11.
Siapa yang bertugas pasahat sulang-sulang tu hula-hula
12.
Siapa yang membacakan dekke siuk
13.
Siapa yang bertugas mendampingi protocol untuk membagikan jambar juhut
dari dongantubu dan boru/bere
14.
Siapa yang bertugas parade ampang inganan ni tumpak
15.
Siapa yang bertugas mendampingi Raja parhata sian boru
16.
Siapa yang bertugas membagikan minuman dan lampet setelah makan
17.
Siapa yang bertanggung jawab memper
siapkan sipatupaon tu na paulak une /
tingkir tangga
18.
Siapa yang bertanggung jawab memper siapkan ulos herbang dan panandaon
19.
Siapa yang mempersiapkan pinggan panungkunan / olop-olop
Semuanya dibicarakan dan
dibagi tugas kepada dongan tubu , boru , bere dan dongan sahuta yang hadir pada
saat itu.Martonggo raja dan marria raja itu sesungguhnya sangat berperan pada
saat hendak melaksanakan ulaon adat Batak.
Namun demikian ulaon martonggo raja dan marria raja ini
termasuk ulaon ripe-ripe maka
undangan pun masih sebatas
ama martinodo-hon atau ompung ni ama
martinodohon atau punguan na saparliatan.
Pada saat martonggo raja dan marria raja di Jabotabek
tidak ada marbagi parjambaran kalaupun ada cukup pada saat akan pulang
diberikan kepada masing-masing yang hadir pada saat itu.
No comments:
Post a Comment