Wednesday, July 22, 2015

Adat Batak Tata Cara Marhori-Hori Dinding

Marhori-hori dinding sering juga disebut marbona ni siala atau marbalik balik dinding dan belakangan sering dikatakan  berkenalan dengan calon besan
Kalau kita ikuti apa yang dibicarakan kedua belah pihak pada pertemuan marhorihori dingding dapat diketahui tujuannya tidak sekedar untuk perkenalan antar calon besan tetapi juga untuk melamar dan menyusun rencana yang pasti yang akan diberitahukan kepada dongan tubu, boru , hulah-hula  kedua belah pihak  pada saat acara pelaksanaan adat nanti.

Tahapan Marhori-hori dingding :
1. Orang tua calon pengaten pria (Paranak) datang
kerumah orangtua calon penganten wanita (Parboru) dengan seorang atau dua orang dongan tubu atau keluarga dekat yang mengerti  adat dan satu orang dari boru.
    Demikian juga halnya dengan parboru mengundang
       beberapa orang dongan tubu yang mengerti adat dan beberapa dongan tubu yang dekat dan boru untuk menyambut kedatangan pihak Paranak.
     Pada saat Paranak datang biasanya hanya membawa
     makanan kecil lampet atau buah, belum membawa sipanganon namargoar, sebab kedatangannya belum resmi , dapat dikatakan baru tahap penjajakan kedua belah pihak

2   Setelah selesai perkenalan pembicaraan mulai masuk
pada inti tujuan dan biasanya dimulai dari pihak paranak, tetapi bisa juga dari pihak parboru, contoh pembicaraan pada saat itu kira-kira demikian :
                                             
Parhata ni paranak
Dihamu hula-hula nami, ra nungnga hea dibege hamu taringot tu hami sian bere muna , alai on dope hita pasuo bohi, alai harupe songon i, las do roha disi siala na pinadomu ni holong do hita na marhula marboru.
Mardomu tusi ma nian raja nami diharoro nami tubagasta na marampang na marjual on , molo uli do diroha ni rajai naeng paboaon nami alu-alu ni bere muna ima anak nami tu hami natoras na naung masijaloan hata nasida dohot maen nami ima boru ni rajai sian jabu on , mardomu tusi ma pangidoan nami tu rajai asa jalo hamu ma nian anak nami i gabe anak muna situtu, botima

Parhata ni Parboru.
Mauliate ma Lae , Raja ni boru di boa boa muna i, molo
hami, on dope hubege hami naung masijaloan hata boru nami dohot bere nami , ala ni i mangido tingki hami jolo satongkin asa hupatangkas hami jolo tu boru nami.

( Dung disungkun boru na i jala toho do, dialusi parhata ni
parboru i ma muse )
Mauliate ma raja ni boru  , tingkos do hata ni bere nami i, mardomu tusi siala sangkap nauli do sangkap nasida ba hami pe antong natoras na  panolopi do diangka sangkap nauli, hujalo hami ma pangidoan muna i raja ni boru.

Setelah pihak parboru menerima pinangan pihak paranak selanjutnya dibicarakanlah hal-hal yang menyangkut technis pelakasanaan sebagai berikut.

1.  Partoding ni ulaon yang disepakati dialap jual atau di-
     taruhon jual   
2.  Ulaon sadari atau tidak, karena ada sebagian suhut
     menghendaki paulak une dohot tingkir tangga dipisah-
     kan dari ulaon pesta unjuk
3.   Besarnya sinamot yang akan diserahkan paranak
     kepada pihak parboru (sitombol/rambu pinidun) jala
     mardalan panandaon
4.  Berapa jumlah ulos herbang ragi ni sinamot
5.  Tanggal Martumpol  dan di Gereja mana
6.  Tanggal Pamasu-masuon  di Gereja mana 
7.  Gedong tempat pesta atau unjuk serta kapasitas
     undangan dari paranak dan parboru
8.  Kapan dilaksananakan Patua Hata dan marhusip
Berapa jumlah dari paranak dan parboru, hal ini perlu diketahui menyangkut persiapan konsumsi yang akan dihidangkan pada saat patua hata baik dari Paranak maupun dari parboru.

Semua poin yang dibicarakan pada saat ini sudah
menjadi suatu kepastian dan tidak akan berobah lagi karena sudah merupakan  kesepakatan kedua belah pihak paranak dan parboru, kecuali berobah atas kesepakatan bersama
Oleh karena itu dapat dikatan kunci dari semua ulaon Pangolihon anak dan Pamuli boru ada pada saat pembicaraan marhori-hori dinding  , sebab apa yang diputuskan pada saat marhori-hori dingding, itu juga  yang akan dibicarakan dan dilaksanakan pada saat Patua hata dan marhusip, serta pada saat pesta unjuk nanti, tidak akan menyimpang lagi dari keputusan ini.
Manfaat yang paling besar apa bila dilakukan marhorihori dinding ialah pada saat pelaksanaan adat tidak ada lagi yang menjadi hambatan atau ganjalan yang berarti karena semua telah diketahui dan disepakati terlebih dahulu sehingga tinggal pelaksanaannya saja.

Setelah semuanya sudah selesai dibicarakan, pihak paranak pertama-tama mengucapkan terimakasih atas kebaikan dan dibukanya pintu hati parboru menerima lamaran paranak  dan dilanjutkan dari pihak parboru kemudian ditutup dengan berdoa acara marhori-hori dinding selesai.

No comments:

Post a Comment