Thursday, April 3, 2014

Buah Inggir-Inggir

Apakah Anda tahu tanaman yang satu ini! Masyarakat yang bermukim di daerah sumatera mengatakan bahwa tanaman ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Dari bentuknya hampir mirip dengan Rimbang. Daun, buah-buahan dan pohon hampir sama, bukan?! Admin sendiri tidak tahu percisnya tanaman ini menyebar didaerah mana saja, akan tetapi admin melihat tanaman ini banyak tumbuh didaerah Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Masyarakat didaerah itu menyebut tanaman ini dengan nama Inggir-Inggir. Sekali lagi admin juga tidak tahu apa bahasa indonesia atau bahasa ilmiah dari tanaman ini.

Tanaman ini tidak berduri, daun dan buah warna hijau memiliki perbedaan warna yang berbeda. Jika buah masak akan berwarna merah. Tanaman ini lebih tumbuh seperti bunga, batangnya tidak terlalu besar dan tidak tinggi, biasanya para penduduk disana menananmnya di sekitar pekarangan rumah, karena rantingnya yang banyak dan cepat bercabang sehingga tamana ini cocok sebagai pengganti pagar rumah.


Ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi buah ini inggir Inggir ini. Masyarakat setempat percaya bahwa ingir ini dapat menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi, dan sakit perut. Selain menyembuhkan beberapa penyakit, buah inggir inggir  ini juga dapat meningkatkan nafsu makan.
Buah inggir Inggir dikonsumsi dengan makan buah buahnya, buahnya hampir sama dengan buah pada umumnya, bila masih muda warnanya hijau, bila sudah matang warnanya kuning kemerah-merahan, ukuran buhnya juga kecil-kecil, besarnya lebih kecil dari kelereng. Bagai mana dengan rasanya?? buah ini tidak terlalu bersahabat dilidah, karena rasanya sangat pahit.




Sumber      : Gobatak

No comments:

Post a Comment