Tuesday, March 17, 2015

Misteri Mahluk Homang di Tapanuli



Ilustrasi
Di Tapanuli Utara sosok atau mendengar kata “Homang” bukanlah sesuatu yang aneh, bahan hampir setiap harinya biasa di dengar, biasanya bahasa ataupun kata ini di ucapkan kepada anak-anak untuk menakut-nakuti. Akan tetapi, bagi sebagian besar masyaralat Tapanuli, Sosok Homang ini adalah nyata ataupun benar adanya. Banyak hal-hal yang ganjil atau tidak biasa terjadi pada masyarakat sekitar akibat ataupun karena Homang ini.

Menurut cerita beberapa orang, (tentunya dari cerita ke cerita). Homang adalah makhluk bertubuh besar, mirip manusia/kera/kingkong dengan rambut panjang, mata besar dan merah, Wajah seram, gigi tajam, dan hampir semua tubuhnya dipenuhi bulu-bulu. Biasanya tinggal di pedalaman hutan-hutan yang ada di Tapanuli.  menurut cerita Homang sangat mahir dalam meniru suara manusia. Bila ada manusia yang memanggil nama seseorang di hutan belantara, maka homang ini akan menjawab suara tersebut, namun semakin didekati suaranya akan semakin jauh, si korban akan terus mengikuti jejak suara homang tersebut sampai akhirnya nyasar di hutan belantara. Sehingga bagi orang Tapanuli, ketika ada saudara atau anggota keluarga ketinggalan di hutan, maka sangat dipantangkan atau tidak diperbolehkan  memanggil nama yang bersangkutan. Sebab jika Homang mendengarnya, maka Homang juga akan ikut memanggil nama tersebut atau pun menjawab suara panggilan tersebut. Dan tentu si Homang berharap korban akan mendengar suaranya dan semakin mendekatinya,. Homang adalah makhluk pemakan tumbuhan dan daging yang ada di sekitarnya. Satu hal yang paling membahayakan keberadaannya adalah bahwa homang dapat membuat makhluk disekitarnya lupa diri, bingung dan tersesat dan tidak tahu jalan pulang. dan yang paling anehnya, misalkan seseorang hilang, lalu seluruh masyarakat mencari korban tersebut kehutan. Terkadang korban tersebut tidak akan terlihat oleh masyarakat yang mencari, padahal korban sudah ada disebelahnya, ataupun dekat dengan dia. Itulah sebabnya sampai sekarang jika orang Tapanuli hilang di hutan pasti di sebut “dililuhon homang” artinya disesatkan Homang. 
Ilustrasi

Banyak cerita-cerita dari masyarakat yang admin dengar sendiri tentang korban yang disesatkan oleh homang ini. Bahkan saat admin masih anak-anak, admin pernah menyaksikan sendiri warga yang hilang di hutan saat mau panen/mengambil getah kemenyan. Pada waktu itu hampir semua warga di desa kami berangkat kehutan pada malam hari itu juga mencari si korban, admin sendiripun masih ikut pada waktu itu. Hanya bermodalkan Lampu Obor dan sebilah golok ditangan kami beramai-ramai berangkat kehutan tempat sikorban terakhir bekerja sebelum dinyatakan hilang. Usaha kami sia-sia, hampir 2 minggu penuh kami mencari, menelusuri lembah dan hutan belantara yang bahkan belum pernah terjamah oleh  manusia. Setelah 2 tahun kemudian, saat itu admin sudah SMA, terdengar kabar bahwa ada seseorang yang menemukan tengkorak dan tulang belulang manusia di dalam hutan. Karena berharap bahwa itu adalah keluarga dari korban di atas, maka seluruh keluarga berangkat ke daerah tersebut. Dan ternyata benar, bahwa Tulang belulang tersebut adalah Kerangka dari korban yang kami cari 2 tahun yang lalu. Keluarga mengenali dari ciri-ciri korban dan baju yang dia pakai, saat ditemukan kondisi tulang belulang masih utuh terduduk di bahwah pohon, meringkuk seperti kedinginan. Yang anehnya adalah korban yang ditemukan tersebut tidak jauh dari Hutan atau lokasi tempat dia bekerja mengambil getah kemenyan. Padahal ratusan warga pada waktu itu sudah bolak-balik mencari di wilayah tersebut, bahkan hampir tidak sejengkalpun wilayah yang tidak kami sisir waktu itu, termasuk tempat ditemukannya si korban. Karena keanehan tersebut maka warga mengatakan bahwa sikorban telah di sesatkan oleh Homang. itu lah salah satu cerita nyata  yang admin saksikan sendiri tentang Homang yang misterius ini. Masih banyak cerita misteri yang lain yang pernah admin dengar, dan bahkan info dari masyaralat sampai saat ini banyak sekali korban yang dinyatakan hilang dan tidak pernah ditemukan.

ilustrasi
Admin sudah beberapa kali mencoba bertanya kepada penetua-penetua didaerah Tapanuli tentang sejarah mahluk misterius ini. Akan tetapi satu orang pun tidak pernah ada yang tahu secara pasti tentang keberadaan mahluk ini. Bahkan melihat pun belum pernah. Namun sampai saat ini masyarakat di tapanuli masih percaya bahwa sosok mahluk misterius ini memang benar adanya.

Itulah sedikit cerita dari admin. Semoga berguna dan menambah wawasan anda. Salam...

1 comment:

  1. homang hanya terminologi berbeda dengan orang semang di Malaysia, dan dulu memang sebelum nenek moyang orang batak dari Hindia Belakang sudah ada penghuni tanah Tapanuli sekarang yg secara fisik beda dengan pendatang dari Hindia belakang,

    ReplyDelete