Thursday, April 6, 2017

Cara Mudah mengetahui Kelinci Hamil dan Akan Melahirkan

Kelinci adalah salah satu binatang atau hewan yang lucu dan banyak dipelihara oleh para hobbies. Termasuk saya sendiri juga memelihara kelinci dirumah, saya pilih memelihara kelinci sebap perawatan dan ketersediaan pakan tidak terlalu sulit didapatkan. Hanya saja memang perlu waktu yang khusus utuk merawat ataupun membersihkan kandangnya. Dalam artikel saya kali ini, akan mencoba bahas pengalaman saya dalam menganalisa sebagai penghobby kelinci tentang kehamilan dan waktu melahirkan kelinci.


Kelinci merupakan hewan yang sangat mudah hamil, tingkat reproduksi kelinci dangat tinggi, karena kelinci mempunyai rahim ganda. Hanya dalam sekali kawin saja kelinci bisa melahirkan 4 ekor atau lebih bayi. Ciri kelinci hamil sebenarnya sangat mudah di perediksi dan dilihat, biasanya kelinci akan hamil dan janin mulai berkembang pada hari ke 7 setelah dikawinkan. 



Ciri-ciri kelinci hamil yang paling mudah diperhatikan adalah perubahan warna pada bibir/hidung atau mulutnya. 
Pada saat usia kehamilan menginjak waktu 10 hari warna mulut kelinci akan kelihatan lebih merah dari sebelumnya. Selain itu nafsu makan dan minum juga akan semakin meningkat. Kelinci saya sendiri biasanya paling habis 1 gelar air / hari. Setelah hamil meningkat sampai 3 gelas / hari bahkan lebih..Disini pemilik harus memberikan perhatian extra dalam pemberian pakan dan minuman. Jangan sampai makanan dan minuman dalam kandang kelinci habis. Karena akan mebuat kelinci stres dan kekurangan gizi yang mengakibatkan bayi yang akan dilahirkan bisa cacat bahkan mati. Khsus kelinci anggora, saat hamil bulunya akan kelihatan seperti berdiri atau sedikit mengembang dari biasanya, dan akan mengalami kerontokan pada saat akan mau melahirkan.



 Selain hal-hal yang diatas, ciri-ciri yang lain adalah peruntnya yang semakin membuncit, sama halnya seperti manusia, saat janin semakin berkembang otomatis perutnya juga akan kelihatan semakin membesar, namun hal ini tidak akan terlihat pada kelinci anggora karena bulunya yang tebal. Khusus kelinci anggora dan jenis kelinci yang berbulu tebal untuk mengetahuinya adalah dengan meraba peurutnya. 

Beberapa hari sebelum melahirkan induk kelinci akan terlihat stres/resah atau tidak nyaman, induk kelinci akan kelihatan tidak mau diam, kadang meloncat bahkan ada yang sampai merusak kandangnya. kadang akan mengumpulkan ranting maupun daun-daun yang ada dikandangnya seolah ingin bikin sarang. Bila sudah bertingkah seperti ini, segera siapkan kotak didalam kandang kelinci untuk nanti tempat anaknya bila sudah melahirkan.


 

Sebagian kelinci, seminggu atau beberapa hari sebelum melahirkan ada yang merontokkan atau pun mencabuti bulunya, namun perlu anda ketahui tidak semua induk kelinci melakukan hal yang sama, ada yang mencabuti bulunya beberapa jam sebelum melahirkan, ada yang mencabuti setelah melahirkan, bahkan seperi kelinci saya tidak mencabuti bulunya sama sekali.

Kelinci yang sedang hami juga biasanya tidak akan mau dikawinkan lagi, walau si jantan memaksa kelinci betina akan tetap menghindar ataupun menutupi kelaminnya dengan ekornya. Anda harus memiskan si jantan dengan betina karena bila sampai terjadi perkawinan induk betina bisa jadi hamil ganda. ataupun dua kali melahirkan, hal ini akan membahayakan kesehatan induknya. 

Pada blog-blog yang lain banyak yang membahas cara mengetahui kelinci hamil dengan meraba perutnya dan merasakan ada tonjolan. Hal ini tidak saya sarankan bagi anda yang tidak berpengalaman, karena bisa menyebabkan anak kelinci cacat bahkan keguguran, yang sangat berpengaruh ke induk kelinci, jadi saya tidak menyarankan ada untuk melakukan hal tersebut. Ciri-ciri yang saya saya sebutkan diatas sebenarnya sudah dapat meyakinkan bahwa kelinci kita sudah hamil. Namun apabila anda kurang percaya silahkan bawa ke dokter hewan untuk di periksa lebih lanjut.



Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda

No comments:

Post a Comment