TESTING & COMMISIONING LIFT
DOKUMEN TERKAIT
Kontrak gambar dan spesifikasi, ketentuan umum kontrak, kondisi
tambahan, arsitektur, listrik, dan mekanik sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam peraturan
transportasi lift.
TUJUAN PENGUJIAN & COMMISTIONING LIFT
Tujuan dari proses
commissioning adalah memberikan kenyamanan pemilik untuk fasilitas dan jaminan bahwa pemasangan
sistem lift telah sesuai dengan ketentuan dengan cara, dan beroperasi sesuai pedoman yang telah
ditetapkan dalam Desain; Dokumen penunjang. Tujuan
Commissioning ini memberikan kesempurnaan system ke pemilik dengan tujuan, operasi sistem kinerja
instalasi,
Proses ini tidak dimaksudkan
untuk mengambil atau mengurangi tanggung jawab tim desain atau kontraktor selaku pembeli , Commissioning hanya dimaksudkan
untuk meningkatkan
kualitas sistem start-up dan membantu dalam penyerahan system yang dipasang supaya
bermanfaat bagi pemiliknya.
Tim
akan menjadi anggota tim
konstruksi, pengadministrasian
dan mengkoordinasikan kegiatan komisioning dengan tim desain, Kontraktor utama, subkontraktor, produsen dan pemasok
peralatan.
REFERENSI
ASHRAE Pedoman 0-2005 : Proses
Commissioning
ACG Commissioning Pedoman -
2005
ASME A17.1 – 2004 :
Keselamatan Kode Untuk Lift dan Eskalator
PERAN DAN TANGGUNG JAWAB BADAN
Commissioning :
Misi:
Titik utama dari tanggung jawab adalah untuk menginformasikan
Kontraktor Umum, pemilik dan
tim desain pada status, integrasi, dan kinerja lift dengan segala fasilitasnya.
COMMISTIONING SISTEM
LIFT
Informasi:
Tim akan berfungsi sebagai katalisator dan inisiator untuk memberikan informasi dan membantu tim
desain dan konstruksi dalam melaksanakan penyelesaian dari proses konstruksi.
Hal ini harus mencakup verifikasi sistem, fungsional kinerja pengujian, dan kesesuaian dengan
desain yang diinginkan dari setiap sistem.
Layanan
ini meliputi pengamatan konstruksi mendokumentasikan, verifikasi dan fungsional
kinerja pengujian, dan
pendokumentasian kinerja dan informasi kegiatan usaha.
JAMINAN KUALITAS :
Membantu pihak yang bertanggung jawab untuk mempertahankan tingkat
kualitas yang tinggi, instalasi yang
memenuhi standar yang berlaku serta spesifikasi.
OBSERVASI PENGUJIAN :
Tim harus memperhatikan dan mengkoordinasikan pengujian yang diperlukan
untuk menjamin kinerja sistem memenuhi maksud desain.
DOKUMENTASI PENGUJIAN :
Tim harus mendokumentasikan hasil kinerja pengujian langsung dan
atau menjamin bahwa pengujian yang sesuai teknisi dokumen. Untuk itu tim akan mengumpulkan bentuk-bentuk standar yang akan
digunakan oleh tim commissioning untuk konsistensi
pendekatan dan jenis informasi yang akan direkam.
Apabila
terjadi kekurangan maka tim akan
menyediakan bantuan teknis untuk memfasilitasi dan memverifikasi / koreksi kekurangan yang ditemukan selama proses
commissioning.
PERAN
DAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK
Menetapkan personil pemeliharaan dan jadwal mereka untuk
berpartisipasi dalam berbagai pertemuan, sesi pelatihan dan
inspeksi sebagai berikut:
1.
Kontraktor commissioning kick-off meeting.
2. Amati penerimaan
dan pengujian operasi.
3. Tinjau usulan pemeliharaan layanan melanjutkan.
4. Pemilik
demonstrasi sesi.
5. Verifikasi demonstrasi dan Pengujian Kinerja
Fungsional.
6.
Akhir review dan pertemuan penerimaan.
PERAN DAN TANGGUNG JAWAB TIM
DESAIN
1. Verifikasi
aksesibilitas pemeliharaan yang memadai untuk setiap peralatan untuk proses
prurna jual ( after sales service ) sesuai dengan gambar dan instalasi yang
sebenarnya.
2.
Amati penerimaan dan pengujian operasi.
3. Peninjauan & memberikan masukkan.
KOMPONEN ELEVATOR yang masuk dalam Komisioning
1. Hoist Motors.
2. Mesin hidrolik.
3. Lift Pit.
4. Lift Hoist Way.
5. Controller.
6. Signaling Devices.
7. Pintu Keselamatan
Devices.
8. Car Interiors.
DESIGN INTENT DOKUMEN.
A.
Intent Dokumen Desain (DID) merupakan gabungan dari gambar desain, proyek spesifikasi, submaterial,
perubahan pesanan dan standar industri, persetujuan material, yang
menggambarkan sistem dari fasilitas ini.
B.
Referensi untuk maksud desain akan diambil dari DID. The
DID adalah lembaran pengembangan ( kalau ada ) untuk melacak dan memasukkan
perubahan desain yang terjadi selama proses konstruksi.
C.
Setiap standar industri yang
digunakan untuk proyek ini akan secara khusus dicatat
saat dirujuk.
COMMISTIONING RAPAT
Commissioning akan diselenggarakan bersamaan dengan rapat rapat
apabila ada masalah dan dibutuhkan suatu penyelesaian .
Pertemuan-pertemuan ini
memberikan sebuah forum terbuka untuk pertukaran
ide antara kontraktor, vendor, desainer, pengguna dan pemilik.
DATA FORMULIR
A. Penggunaan
Formulir Pelacakan Resolusi adalah metode yang digunakan oleh tim untuk
memantau dan catatan masalah, penyebabnya, dan solusi.
Penggunaan daftar ini mempromosikan komunikasi
antara kontraktor menginstal, tim desain, komisioning, dan pemilik, untuk mempercepat resolusi mereka secara
tepat waktu.
Tim
secara teratur akan mengirimkan
DATA untuk mendokumentasikan dan menyelesaikan permasalahan secepat
mungkin. Frekuensi penyampaian RTF akan disesuaikan dengan
kondisi proyek.
SISTEM VERIFIKASI DAFTAR - PEMBANDING (SVC)
Tim
akan menulis itu SVC berdasarkan DID. Tes ini akan dibuat untuk lift. Salinan Draft akan diserahkan ke CT untuk review
dan komentar sebelumnya untuk penempatan di tempat kerja. Salinan
master dari itu SVC akan terikat dalam
Silabus pertanggung jawaban dan ditempatkan pada tempat kerja untuk digunakan
oleh kontraktor instalasi.
Tim akan meninjau SVC lift setiap sebelum penerimaan dan Test, Lift akan dirilis untuk uji serah terimakan dan kesiapaan
pengoperasian.
Daftar telah diselesaikan oleh kontraktor menginstal dan ditinjau oleh
tim.
C. Sebelum tes penerimaan dan
operasi, CA juga harus meninjau peralatan produsen daftar periksa. Daftar ini harus diselesaikan oleh kontraktor dan ditinjau oleh CA sebelum penerimaan dan
tes operasi dapat dimulai.
PENGUJIAN & UJI OPERASI
Tim akan menyaksikan penerimaan dan uji operasi pada lift, kontraktor dan
perwakilan pemilik akan diperlukan untuk proses pengujian, Penerimaan dan operasi tes akan dilakukan sesuai dengan data / prosedur pabrik
sebelum tes dimulai.
Tim yang terlibat dalam instalasi, fabrikasi, produsen, mengendalikan,
atau desain peralatan yang
diperlukan untuk hadir pada saat penerimaan dan operasi tes.
7. FUNGSIONAL KINERJA TEST ( FPT )
Pengujian Kinerja Fungsional meliputi lift.
·
LIFT HOIST MOTOR :
Perwakilan
supplier lift, dengan Tim pengawas dan
kontraktor akan menunjukkan kesesuaian operasional untuk kontrak proyek dalam
dokumen dan persyaratan tehnis yang berlaku. Pengujian meliputi operasi memuat lift untuk kapasitasnya dan
mengoperasikan lift kontinyu selama 30 menit. Lift akan
melakukan perjalanan jarak penuh berhenti di setiap tingkat
dan melanjutkan langsung ke tingkat berikutnya. Selama pengujian ini
kenaikan suhu dari motor dicatat.
·
HIDROLIK MESIN :
Perwakilan
supplier lift, dengan Tim pengawas dan
kontraktor akan menunjukkan kesesuaian operasional untuk kontrak proyek dalam
dokumen dan persyaratan tehnis yang berlaku.
akan menguji dan memastikan komponen
yang terhubung ke sistem lift, mendokumentasikan tanggal, jenis perangkat, perangkat lokasi, waktu respon, dan
sensitivitas.
·
CONTROLLER :
Perwakilan
supplier lift, dengan Tim pengawas dan
kontraktor akan menunjukkan kesesuaian operasional untuk kontrak proyek dalam
dokumen dan persyaratan tehnis yang berlaku.
o
akan menguji dan memastikan komponen controller menerima dan
menampilkan jarak dan kecepatan umpan balik dari lift
masing-masing.
·
PERANGKAT SIGNAL :
Perwakilan
supplier lift, dengan Tim pengawas dan
kontraktor akan menunjukkan kesesuaian operasional untuk kontrak proyek dalam
dokumen dan persyaratan tehnis yang berlaku.
o
akan menguji dan memastikan akan menguji dan memastikan operasi dari setiap perangkat sinyal di semua
lantai lift masing-masing.
·
PINTU KESELAMATAN PERANGKAT :
Perwakilan
supplier lift, dengan Tim pengawas dan
kontraktor akan menunjukkan kesesuaian operasional untuk kontrak proyek dalam
dokumen dan persyaratan tehnis yang berlaku.
o
akan menguji dan memastikan operasi dari
masing-masing alat pengaman pintu di semua lantai lift masing-masing.
PELATIHAN
Pelatihan ini harus mencakup
tangan-pelatihan operasional. Pemiliknya mungkin
memilih
untuk rekaman video pelatihan ini untuk penggunaannya. Selama pelatihan untuk mempelajari
metode metode permasalahan apabila nantinya dapat timbul untuk diperbaiki dan diperbaiki pada waktu yang tepat dan efisien.
No comments:
Post a Comment