Selasa, 14 Mei 2013

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Hari Pernikahan



Menikah adalah suatu hal yang sangat perlu untuk manusia. Karena itu pernikahan itu perlu untuk di rencanakan sedini mungkin. Kurangnya perencanaan dan persiapan terkadang membuat kita kalang kabut apalagi bila waktunya sudah makin dekat. Yang ada kita malah stres karena harus memikirkan ini dan itu. Banyak sekali hal-hal yang harus kita benahi dalam dirikita dalam menghadapi pernikahan ini. Berikut ini saya akan mencoba mengupas tuntas tentang persiapan untuk menjelang pernikahan. Ini adalah pengalaman saya sendiri, karena itu saya ingin mencoba untuk berbagi dengan para teman-teman pembaca setia blog ini. Selamat membaca.

hal-hal yang perlu kita persiapkan dalam pernikahan adalah :

1.Persiapkan Mental, Hati dan Pikiran anda

Ini adalah hal pokok yang harus kita persiapkan. Pengendalian diri sangat perlu dalam hal ini. Karena bila kita sudah merencanakan pernikahan, tentunya kita harus menyiapkan segala keperluan, terkadang kurangnya pengendalian diri membuat kita menjadi stres dan sensitif. Emosi akan meningkat terus. Ingat bahwa orang yang stres gampang di hinggapi penyakit. oleh karena itu persiapkan hati dan pikiran anda dan jangan terlalu memaksakan otak anda untuk berpikir

2. Perlengkapan Pengantin

Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Semua calon pengantin pastinya ingin kelihatan  gagah dan cantik pada saat hari pernikahannya. Kita pastinya sudah sering melihat di televisi maupun di media lainnya contohnya baju pengantin yang bagus-bagus dan indah. Para pengantin yang punya duit biasanya akan merancang baju pernikahan mereka kepada desainer yang terkenal dan mahal harganya. Tapi ingat, Jangan terlalu memaksakan diri anda. Lihat kemampuan keuangan anda. dan ingatlah, bahwa pernikahan itu tidak dilihat dari mahalnya baju dan pakaian kita. Karena tanpa baju mewah juga pernikahan itu tetap akan berjalan. Jadi bila ingin merancang baju anda, sesuaikanlah dengan bajet keuangan anda. Pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok namun kelihatan elegan dan tidak murahan, Sesuaikan warna baju anda dengan pasangan ada buat para pria harap memperhatikan warna jas,kemeja dalam, Dasi, sepatu dan yang lainnya. Dan buat perempuan sendiri pilihlah baju yang sederhana tanpa banyak embel-embelnya. Karena semakin banyak anda tambahin assesorisnya makan anda juga akan semakin tidak leluasa bergerak. Untuk yang pakaian adat sesuaikan juga warna baju anda dengan pasangan anda. Pilihlah motif yang sesuai dengan tema pernikahan anda. Sesuaikan juga pakaian anda dengan warna  interior atau hiasa pesta yang terpasang saat pernikahan anda. Perbanyaklah komunikasi dengan teman-teman anda yang sudah pernah menikah. Karena tentunya mereka sudah berpengalaman dan sudah pernah melaksanakannya.

3. Biaya Pesta 

Poin Nomor tiga ini tergantung dengan keadaan keuangan anda. Jangan pula terlalu memaksakan pesta anda dilaksanakan dengan besar-besaran atau dengan mewah-mewah bila keuangan anda tidak memadai. Buat apa anda menghabiskan uang berfoya-foya dalam satu hari, namun setelah selesai anda hanya akan stres memikirkan hutang-hutang anda. Masa depan anda lebih penting daripada hari pernikahan anda.  Karena dalam pesta pernikahan "Duit Banyak kurang, duit Sedikit Cukup" artinya semuanya tergantung pemesanan anda.

4. Perlengkapan Rumah Tangga Setelah Menikah

Hal ini juga sangat perlu anda pertimbangkan. Setelah menikah tentunya anda akan memulai sesuatu yang  baru, yaitu keluarga kecil yang baru. Memulai keluarga yang baru tentunya membutuhkan sesuatu yang serba baru contohnya : Tempat tinggal, Perlengkapan rumah tangga,juga keperluan lainnya. Bijaksanalah mengatur keuangan anda, Tidak perlu harus dipaksakan untuk melengkapi semua keperluan ini. Sediakan lah apa yang memang sangat perlu untuk kehidupan sehari-hari anda. Untuk tambahan lainnnya anda bisa beli dengan cara mencicilnya kapan saja  bila keuangan anda sudah memadai. Karena akan sangat banyak kebutuhan anda nantinya. Namun buat pembaca yang sudah mempunyai modal yang cukup, tidak ada salahnya juga bila anda ingin melengkapinya sekaligus.

Itulah pokok-pokok utama yang sangat penting dalam rencana pelaksanaan pernikahan. Jangan lupa jaga kesehatan anda, sebisanya usahakan agar tidak  terlalu memporsir tenaga anda . Karena saya sendiri sudah mengalami bagai mana capeknya saat pestanya berlangsung. Jaga stamina ada dan perbanyak minum vitamin agar menjaga tubuh anda tetap bugar.

Itulah sedikit Tips dari saya, mohon maaf bila bahasa penulisannya berantakan. karena saat masih duduk di bangku sekolah pelajaran bahasa indonesia saya cuma nilai 5. he he hehe..... Diakhir Kata saya ucapkan selamat mempersiapkan diri untuk menyambut hari pernikahan anda. Semoga Segalanya lancar..car...car....car....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar